Februari 14, 2012

Februari, bulannya Vitamin A, Intip yukk

Selama ini banyak diantara kita hanya tahu kalau vitamin A, adalah vitamin untuk kesehatan mata. Hal itu tidak salah, namun vitamin A mengandung banyak manfaat lain disamping berguna untuk kesehatan mata.

Lalu apa saja manfaat vitamin A?
Vitamin A, selain untuk membantu integritas retina mata, kelelahan mata dan mengobati rabun senja, juga berguna untuk kesehatan kulit mengatasi kulit kasar dan bersisik, mengobati jerawat mengatasi rambut kering dan ketombe, membuat rambut bercahaya, mengatasi kuku rapuh dan mudah patah.
Vitamin A juga  juga mempercepat proses penyembuhan luka.
Berperan sebagai antioksidan yang membantu merangsang dan memperkuat daya tahan tubuh dalam meningkatkan aktivitas sel pembunuh kuman (natural killer cell), memproduksi sel darah limfosit, dan antibodi. Vitamin A juga efektif dalam memperkuat kekebalan seluler dalam menghancurkan sel kanker.
Vitamin A bisa meningkatkan kesehatan reproduksi,  berpengaruh pada pembentukan sperma, sel telur dan placenta. Ikut berperan dalam aktivitas hormon adrenalin, hormon thyroid, juga mempertahankan struktur dari fungsi sel-sel syaraf.
Vitamin A yang larut dalam lemak ini, meskipun mengandung banyak manfaat namun tetap harus diperhatikan, jangan dikonsumsi secara berlebihan. Karena jika dikonsumsi berlebih maka akan menimbulkan keracunan, yang ditandai dengan mual, pusing, kulit kering dan nyeri di persendian. Kelebihan vitamin A juga akan merusak fungsi hati, dan ini harus diperhatikan khususnya ibu hamil dan anak-anak.
Melihat banyaknya fungsi vitamin A maka pemerintah telah menjadikan bulan Februari dan bulan Agustus sebagai bulan untuk pemberian vitamin A gratis khususnya pada bayi dan balita yang merupakan kelompok rentan terhadap serangan penyakit dan kekurangan Vitamin A.
Mereka yang harus mendapat kapsul vitamin A
Kelompok umur yang terutama mudah mengalami kekurangan vitamin A adalah kelompok bayi usia 6-11 bulan dan kelompok anak balita usia 12-59 bulan (1-5 tahun).  Pemerintah telah memberikan vitamin A gratis setiap bulan Februari dan Agustus di posyandu, puskesmas dan klinik-klinik tertentu  pada anak-anak pada kelompok umur ini.
Seluruh bayi usia 6-11 bulan, harus mendapat 1 kapsul vitamin A biru dan seluruh anak balita usia 12-59 bulan mendapat kapsul vitamin A warna merah.
Ibu nifas juga harus mendapatkan Vitamin A kapsul merah sampai 30 hari setelah melahirkan. Balita dengan tanda klinis xerophtalmia
Balita dengan campak, diare, pneumonia, gizi buruk.
13289662461579742095
Bagi anda yang memiliki bayi dan balita kelompak umur seperti yang telah disebutkan di atas maka datangi segera posyandu, puskesmas, atau klinik-klinik terdekat.
Untuk menjadi generasi penerus yang berkualitas maka anak-anak harus tumbuh sehat dan cerdas, vitamin A merupakan salah satu zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh dengan berbagai manfaat. Kekurangan vitamin A dapat memperparah berbagai penyakit infeksi, seperti campak, diare dan infeksi saluran pernafasan dan jika kekurangan ini semakin berlanjut dalam jangka panjang maka akan mengakibatkan gangguan pada mata dan berakhir dengan kebutaan.
Dan satu yang perlu diingat, jika anak anda telah mendapatkan vitamin A pada bulan Februari ini maka selanjutnya akan diberi lagi pada bulan Agustus. Tidak diperbolehkan pada bulan yang sama (februari) mendapatkan beberapa kapsul sekaligus meskipun ini diberikan gratis atau cuma-cuma. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu berakibat buruk, ingat bisa keracunan.

Tidak ada komentar: